script 1

Warisan Islam Untuk Kesehatan Dunia

Laman

Kamis, 06 Agustus 2015

Mengenal KEFIR dan manfaatnya

Mengenal Kefir dan Manfaatnya

Posted by About Hidup Sehat on 1:13 PM


Susu Kefir
Halo sahabat AHS! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga Anda semua berada dalam keadaan sehat walafiat.

Pada kesempatan kali ini senang sekali kami bisa memberikan konten tentang Hidup Sehat. Adapaun artikel kali ini yaitu tentang Kefir dan Manfaatnya. Apakah diantara Anda ada yang tahu apa itu kefir?
Jika Anda belum mengetahui apa itu kefit, maka Anda tepat beruntung mampir di Web Kesehatan ini. Kefir adalah susu yang difermentasi seperti yoghurt. Akan tetapi perbedaan kualitas bahwa kefir merupakan susu hasil fermentasi yang lebih baik daripada yoghurt. 

Cara Membuat Minuman Kefir
Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan susu segar (susu sapi, kambing atau domba) yang dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 85 - 90 derajat celcius. Masukkan ke dalam wadah gelas dan diamkan sampai mencapai suhu kamar. Kemudian masukkan biji kefir yang mengandung bakteri Streptococci dan Lactobacilli atau Streptococcus sp dan Lactobacilli kedalam susu tadi, diamkan selama 20 - 24 jam. Adapun hasilnya susu akan menggumpal, gumpalan ini kemudian disaring untuk memisahkan biji kefir dan minuman kefir yang siap diminum. 

Minuman ini memiliki masa kadaluwarsa murni (tanpa bahan pengaet) yaitu 1 - 3 hari jika tidak langsung diminum. Kefir memiliki rasa yang unik dibandingkan yoghurt yaitu campuran rasa asam, soda dan memiliki sedikit rasa alkohol dan memiliki buih pada lapisan atasnya. 

Biji Kefir
Biji Kefir
Di atas telah dijelaskan apa itu kefir dan cara membuatnya. Perana penting dalam membuat minuman kefir yaitu Biji Kefir. Seperti apakah biji kefir tersebut? Biji kefir berbentuk butiran dan dapat lebih besar pada saat berada dalam susu. Memiliki warna krem dan akan menjadi lebih kecoklatan saat berada dalam susu. Ukurannya bermacam-macam, yaitu antara 1 - 15 mm.

Dalam bibit kefir memiliki kandungan mikroorganisme, bakteri dan ragi. Bibit kefir yang sudah dipakai dapat digunakan kembali setelah sebelumnya dicuci dengan air matang. Simpan bibit kefir di dalam freezer lemari es dalam kondisi beku agar awet.

Manfaat Minuman Kefir
Setelah kita mengetahu apa itu kefir, cara membuat dan bahan yang dibutuhkan, selanjutnya minuman ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat dari minuman ini?
Sebagai minuman Probiotik yang memiliki kandungan mikroorganisme yang baik untuk kesehatan seperti Lactobacilus kefiriBulgaricus, Leuconostoc, Lactococcus dan Acetobaktertentu memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat bagi kesehatan jika mengkonsumsi minuman kefir secara rutin.

1. Menyehatkan sistem pencernaan
2. Menghindari resiko terkena kanker usus besar
3. Menormalkan bekteri usus besar pasca pengobatan antibotik
4. Meningkatkan fungsi pencernaan
5. Penyerapan nutrisi makanan
6. Memperlancar buang air besar
7. Menyembuhkan diabetes, hypertensi, dan tumor
8. Menurunkan kadar kolesterol
9. Mengurangi resiko penykit jantung koroner
10. Mencegah infeksi saluran urine
11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
12. Menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah
13. Menyembuhkan Tuberkulosis (TB)
14. Menyembuhkan sinusitis
15. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
16. Menyembuhkan Asma
17. Menyembuhkan radang usus
18. Menyembuhkan Diare
19. Menyembuhkan Sembelit
20. Menyembuhkan Gangguan eksim 

Dan masih banyak manfaatnya dari minuman kefir ini. 

Demikian penjelasan menganai kefir dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom komentar. 

1 komentar: